7 startup Unicorn Paling Berharga di Indonesia

Aulia Putri Andrika

Table of Contents

Selama satu tahun terakhir, perkembangan dunia bisnis apalagi startup telah berkembang pesat. Banyak sekali perusahaan rintisan yang bermunculan dan berkembang secara signifikan, termasuk di Indonesia.

Beberapa perusahaan dari Indonesia diketahui telah mencapai status unicorn. Indonesia dikenal sebagai negara dengan jumlah perusahaan unicorn terbesar di Asia Tenggara.

Istilah unicorn memang sudah tidak asing lagi bagi sebagian orang. Namun, masih banyak yang belum mengetahui sepenuhnya apa itu unicorn.

Apa itu unicorn? Bagaimana perusahaan rintisan bisa disebut unicorn? Apa saja startup unicorn di Indonesia?

Startup Unicorn

Unicorn itu sendiri adalah adalah istilah yang digunakan dalam industri modal ventura untuk menggambarkan perusahaan rintisan yang dijalani oleh pendiri dengan nilai valuasi lebih dari 1 miliar dollar AS.

Karakteristik startup Unicorn

Menjadi startup unicorn tidak semudah yang Anda bayangkan dan setiap unicorn memiliki ceritanya sendiri-sendiri. Berikut beberapa karakteristik yang dimiliki startup unicorn: 

1. Inovasi hal yang utama

Perusahaan unicorn sebagian besar adalah pemula di industri mereka. Mereka mengubah cara orang melakukan sesuatu dan secara bertahap menciptakan kebutuhan bagi diri mereka sendiri. Mereka juga dikenal terus berinovasi dan tetap berada di depan para pesaing yang mungkin akan booming nantinya.

2.Startup yang berfokus pada konsumen

Tujuan utama startup unicorn ini adalah menyederhanakan dan mempermudah konsumen dan menjadi bagian dari kehidupan mereka sehari-hari. Bahan utama lainnya adalah menjaga produk dan layanan mereka agar tetap terjangkau.

3.Dimiliki secara pribadi

Banyak perusahaan unicorn yang dikenal saat ini dimiliki secara pribadi yang mendapatkan penilaian mereka lebih besar ketika sebuah perusahaan mapan berinvestasi di dalamnya.

Startup Unicorn Indonesia

Gojek

Gojek

Perusahaan rintisan pertama dari Indonesia yang menyandang status unicorn adalah Gojek. Gojek merupakan perusahaan rintisan yang bergerak di bidang jasa transportasi dan logistik berbasis aplikasi mobile.

Gojek didirikan pada tahun 2010 oleh Nadiem Makarim bersama dua rekannya. Awalnya, Gojek hanya melayani pemesanan taksi dan ojek melalui call center dengan jumlah pengemudi hanya 20 orang.

Kemudian pada tahun 2015, Gojek mulai mengembangkan aplikasi mobile untuk mempermudah pemesanan. Di tahun yang sama, Gojek melakukan gebrakan dengan menawarkan tiga jenis layanan baru selain Go Ride, yakni GoFood, GoSend, dan GoMart.

Pada tahun 2017, Gojek resmi menyandang predikat sebagai perusahaan rintisan unicorn pertama dari Indonesia. Dua tahun kemudian, status Gojek meningkat menjadi decacorn dengan total valuasi USD 10 miliar.

Traveloka

Traveloka didirikan oleh tiga orang, yaitu Ferry Unardi, Derianto Kusuma, dan Albert Zhang pada tahun 2012. Startup yang satu ini merupakan salah satu perusahaan yang menyediakan layanan tiket pesawat, kereta, hotel dan lain-lain secara online.

Saat ini, lewat Traveloka kamu bahkan dapat membayar tagihan listrik, air, beli pulsa dan lain-lain. Setelah 5 tahun berdiri, tepatnya pada tahun 2017 Traveloka berhasil menyandang menjadi salah satu startup unicorn di Indonesia.

Tokopedia

Tokopedia

Tokopedia berdiri pada tahun 2009 dan didirikan oleh dua orang yang bernama William Tanuwijaya dan Leontinus Alpha Edison. Pasti nama Tokopedia tidak asing lagi, Tokopedia adalah layanan jual beli online yang lengkap dengan berbagai pilihan toko online yang terpercaya. Sejak berdiri pada 2009, Tokopedia mengalami perkembangan yang pesat sehingga sampai sekarang menjadi status unicorn yang berpengaruh di Asia Tenggara.

OVO

OVO berkecimpung dalam bisnis menyederhanakan pengalaman pembayaran online dan seluler bagi konsumen. Mereka menawarkan solusi kelas dunia untuk bank dan penyedia jasa keuangan. Tahun 2019, OVO berhasil menjadi startup unicorn. Finance Asia menyebut valuasi OVO saat dinobatkan menjadi unicorn sudah mencapai $2,9 miliar (lebih dari 40 triliun Rupiah).

Ajaib

Ajaib

Ajaib adalah platform investasi yang memungkinkan orang Indonesia untuk memperdagangkan saham, dana yang diperdagangkan di bursa, dan reksa dana.

Ajaib berhasil menjadi startup unicorn hanya dalam waktu 2,5 tahun. Ajaib menyandang gelar unicorn setelah menutup putaran seri B sebesar $153 juta (lebih dari 2,1 triliun Rupiah) yang dipimpin oleh DST Global.

 

 

Nah, itu dia penjelasan mengenai startup unicorn dan beberapa daftar startup unicorn di Indonesia yang telah mendapatkan dana dari berbagai investor luar negeri.