Simak Perbedaan Founder vs CEO vs stakeholder

Aulia Putri Andrika

Table of Contents

Setiap perusahaan pasti memiliki beberapa peranan penting untuk mendefinisikan peran dan tanggung jawab setiap individu yang bekerja di dalamnya. Kamu pasti pernah melihat bagan paling atas sebuah perusahaan, akan ada beberapa jabatan eksekutif yang tercantum di dalamnya. Seperti Fonder, CEO bahkan stakeholder.

Sebagian dari kalian pasti sering mendengar ketiga istilah pimpinan ini. sebenarnya kamu tahu nggak sih apa dan bagaimana posisi-posisi eksekutif tadi bekerja? Yuk simak Sukses perbedaan owner, founder, CEO dan jabatan C-Level lainnya, kelak kalau kamu ketemu dengan mereka, jangan keliru mendefinisikan lo ya! Atau malah kamu yang menduduki posisi-posisi ini?

Founder

Founder adalah mengacu pada orang pertama yang menggagas atau menemukan ide usaha. Nah, kalau pendiri atau penemu usahanya ada 2 orang atau lebih, maka bisa disebut sebagai co-founder. Jadi, co-founder adalah rekan yang bekerjasama dengan founder yang disebut sebagai orang pertama. Namun bagi-bagi jatah siapa yang jadi founder dan siapa yang jadi co-founder itu dikembalikan lagi kepada yang bersangkutan.

CEO (Chief Executive Officer)

CEO atau pimpinan ini biasanya disebut sebagai direktur. CEO ini diangkat oleh dewan komisaris atau sekelompok orang yang ditunjuk untuk mengawasi kegiatan suatu perusahaan. Untuk bisa memimpin perusahaan, CEO diharapkan kemampuannya untuk membuat keputusan yang cepat dan tepat, meminimalisir risiko bisnis, dan meningkatkan profit perusahaan. 

 

Stakeholder

stakeholder merupakan semua pihak di dalam masyarakat, baik itu individu, komunitas atau kelompok masyarakat yang memiliki sebuah hubungan dan kepentingan terhadap organisasi, perusahaan dan permasalahan yang sedang dibahas. Dalam terjemahan bahasa Indonesia sendiri, arti stakeholder adalah seorang pemangku kepentingan atau pihak yang berkepentingan.

 

Stakeholder merupakan salah satu bagian penting sebuah organisasi yang memiliki peran secara aktif serta pasif untuk menjalankan tujuannya. Stakeholder sendiri dapat kita ditemui dimanapun, terutama dalam sebuah kegiatan bisnis sehingga setiap perusahaan tidak terlepas dari keberadaan tokoh terpenting tersebut.

 

Founder vs CEO vs stakeholder yah kembali lagi Semua jabatan di atas adalah beberapa dari banyak jabatan yang biasanya tertera pada lini paling atas suatu perusahaan. Namanya juga bisa berbeda di masing-masing perusahaan, bisa jadi CMO-nya disebut sebagai kepala marketing atau banyak lainnya. Ada atau nggaknya jabatan-jabatan ini juga tergantung dari tipe dan bisnis proses perusahaan.