Yuk Simak 5 Komunitas Startup di Indonesia!

By Aulia Putri Andrika

Table of Contents

Komunitas Startup merupakan sebuah wadah yang berisi founder-founder perusahaan rintisan baik yang masih pemula maupun senior. Mungkin beberapa orang beranggapan komunitas itu tidak penting tapi pada kenyataannya komunitas memiliki perang yang begitu penting bagi kalangan startup. 

Dengan mengikuti komunitas Startup, kamu bisa memperkenalkan bisnis yang sedang kamu rintis. Tak hanya itu saja, seorang perintis juga kerap menggunakan komunitas sebagai tempat pengembangan diri. 

Komunitas startup banyak berbagi banyak hal,mulai dari pengalaman, strategi bisnis, saling memberi motivasi serta inspirasi, dan lainnya. Banyaknya startup di Indonesia melahirkan banyak komunitas startup.

Apa itu komunitas Startup?

Komunitas startup adalah sekelompok pengusaha atau orang-orang startup yang fokus pada inovasi . Komunitas ini sering terlibat dalam pertemuan formal dan informal, seperti pertemuan fisik, Slack, grup Facebook, grup LinkedIn, dan lainnya.

Tempat fisik dan virtual ini berisi pendiri startup baru dan berpengalaman, pengusaha, investor, dan lainnya, dan dapat menjadi jaringan yang kuat untuk kamu terlibat dalam suatu komunitas startup. 

Manfaat Komunitas Startup

Berikut adalah tiga manfaat mengapa kamu  harus bergabung dengan komunitas startup di daerah Anda (atau komunitas virtual).

1. Dapat belajar dari pendiri berpengalaman

Dengan mengikuti komunitas startup kamu akan dapat pengalaman baru dari pendiri startup lainnya. Orang-orang yang berada di komunitas tersebut akan memberikan nasihat-nasihat dan bertukar pikiran yang bagus untuk kamu lebih berkembang lagi kedepannya.

2. Mendapatkan relasi investasi

Jika kamu bergabung ke komunitas startup, keuntungan ini mungkin bisa kamu dapatkan. Walaupun kamu bergabung komunitas bukan untuk mencari investasi, tapi kamu akan menemukan relasi investasi berbisnis dengan sendirinya. Kontak relasi ini sangat berharga untuk kamu miliki.

3. Temukan orang lain untuk bermitra

Terlibat dalam komunitas startup dapat memberikan peluang fantastis untuk bermitra dengan startup lain yang dapat lebih memajukan kesuksesan bisnis keduanya. Ini bisa berupa kemitraan melalui pemasaran, hingga menawarkan peluang kepada basis pelanggan satu sama lain.

Komunitas Startup di Indonesia

Jika kamu sudah memiliki ketertarikan untuk mengikuti komunitas startup di Indonesia sudah ada berbagai macam komunitas startup yang dapat diikuti. Melansir dari Techinasia.com, berikut adalah komunitas startup yang bisa Anda ikuti.

StartupLokal

StartupLokal

Komunitas Startup Lokal adalah komunitas yang berbasis di Jakarta yang bertindak sebagai melting pot, mengumpulkan  para pendiri startup, penggemar industri digital, investor, dan media, memberi mereka kesempatan untuk berkolaborasi dalam satu atau lain cara.

Bancakan

Bacakan berdiri sejak Februari 2010, merupakan wadah berkumpulnya semua startup dan developer Yogyakarta. Bacakan juga mengelola Hackerspace YK , terinspirasi oleh Hackerspace Bandung oleh FOWAB. Bancakan adalah istilah Jawa yang berarti ‘berkumpul’ atau ‘makan bersama’.

FOWAB

Fowab

FOWAB adalah komunitas bagi orang-orang kreatif yang terhubung melalui Internet di Bandung, jadi dalam artian FOWAB tidak eksklusif untuk orang-orang startup IT saja. FOWAB adalah untuk semua orang dari industri kreatif yang memiliki visi yang sama untuk menjadikan Indonesia negara yang lebih baik dan tempat tinggal yang lebih baik. Sejak pertemuan pertama pada Februari 2010, FOWAB telah mengadakan delapan acara. Ia juga telah menciptakan ruang kerja bersama bagi para pekerja kreatif bernama Hackerspace Bandung.

Stasiun

Stasiun

Stasion adalah komunitas startup lokal yang berbasis di Malang, Jawa Timur yang bertujuan untuk membangun sinergi antar anggota yang bergerak di bidang bisnis dan teknologi digital. Didirikan pada Maret 2011, mereka sejauh ini telah mengadakan empat pertemuan dan tiga lokakarya publik.

SuWec

SuWed

SuWec adalah komunitas bagi para praktisi industri web di Surabaya. Ini membantu dan menghubungkan orang-orang yang berpikiran sama untuk berkolaborasi dan bekerja sama. Sejak didirikan pada September 2009, SuWec telah menjadi acara rutin bulanan.

Bergabung ke dalam sebuah komunitas startup memang bukan suatu keharusan bagi kamu seorang pengusaha atau pebisnis. Namun, tidak ada salahnya mencoba bergabung ke komunitas seperti ini. Pasalnya, tak jarang kesempatan dan peluang bisnis muncul dari dalam komunitas.