Mengenal Kompetisi Startup: Apa itu Kompetisi Startup dan Mengapa Harus Mengikutinya?

By Aulia Putri Andrika

Table of Contents

Mungkin dari kalian sudah tidak asing lagi dengan kompetisi startup, Kompetisi startup kini banyak diadakan karena perkembangan bisnis di Indonesia bahkan dunia sudah semakin pesat dan mulai banyak orang yang meninggalkan zona aman mereka dan memilih membangun bisnis mereka sendiri sebagai bentuk instrumen investasi yang menguntungkan.

Dengan mengikuti kompetisi startup menjadi ajang membuat perusahaan rintisan yang kamu banyak dikenal orang. Di zaman sekarang perlu cara lain yang harus dilakukan untuk dapat membuat usaha itu dikenal luas serta memiliki reputasi yang baik di mata masyarakat. Salah satunya adalah dengan mengikuti berbagai macam kompetisi yang memang diberlakukan atau diselenggarakan untuk kamu pebisnis pemula.

Apa Itu Kompetisi Startup?

Kompetisi startup memberi kamu platform untuk mempromosikan startup kamu di depan investor untuk kesempatan memenangkan hadiah uang tunai atau modal investasi , dan bahkan jika kamu tidak memenangkan hadiah utama, hanya dengan berpartisipasi dalam kompetisi menawarkan banyak manfaat yang dapat diberikan startup kamu dorongan.

Alasan Mengikuti Kompetisi Startup

1. Kompetisi Startup Dapat Mewujudkan Ide

Dengan mengikuti kompetisi langkah yang paling sederhananya kamu membuat ide untuk mengikuti kompetisi startup tersebut.Tindakan sederhana ini bisa untuk menjadi latihan yang sangat berharga untuk startup yang sedang kamu rintis.

Dalam proses mengikuti kompetisi kamu akan fokus dengan ide yang kamu buat dan menjawab pertanyaan startup yang perlu kamu pikirkan. Proses ini akan menguntungkan bisnis masa depan kamu terlepas dari bagaimana kamu bersaing dalam kompetisi tertentu.

2. Kompetisi Startup Memberikan Akses Untuk Hibah, Inkubasi, Dan Hadiah Lainnya

Memenangkan kompetisi kewirausahaan atau terpilih untuk hadiah membuka banyak peluang tergantung pada programnya. Ini dapat berkisar dari uang hibah hingga visibilitas internasional dan peluang untuk berpartisipasi dalam konferensi, hingga inkubasi dan dukungan bisnis berkelanjutan.

3. Kompetisi Startup Memberikan Umpan Balik Dan Validasi

Mengikuti kompetisi mungkin memang hanya sekedar menang dan kalah. Tapi tidak cukup sampai disitu dengan adanya hal tersebut kamu akan mendapatkan banyak masukan dari juri dan calon pengguna produk kamu, memungkinkan kamu untuk menguji dan memvalidasi ide yang sudah kamu pikirkan dan meningkatkan penawaran kamu sesuai dengan kebutuhan pasar dan kenyataan di lapangan.

4. Kompetisi Startup Memberikan Jaringan

Kompetisi Adalah wadah ide-ide segar dan opini berpengalaman. Saat kamu berpartisipasi dalam satu kompetisi, kamu akan menghadiri acara dan sesi pelatihan, menyampaikan ide kamu kepada para ahli, saluran media, mitra, dan investor, dan mendapatkan gambaran tentang apa yang akan dilakukan rekan-rekan kamu.

Kompetisi startup yang diselenggarakan secara rutin di Indonesia

1. 2022 Global Pitch Competition (“JUMPSTARTER 2022”)

kompetisi ini bernama Alibaba Entrepreneurs Fund/HSBC JUMPSTARTER 2022 Global Pitch Competition (“JUMPSTARTER 2022”). Kompetisi ini merupakan kalaborasi dari AEF dan HSBC acara ini terbuka untuk seluruh startup di Indonesia. Buat kamu yang ingin mengikuti kompetisi ini kamu bisa cari informasinya dengan membuka website Jumpstarter . Pada website tersebut tertera persyaratan dan timeline kompetisi ini.  

2. Bandung Startup Pitching Day by The Greater Hub ITB

Kompetisi Bandung Startup Pitching Day dibuat oleh SBMITB. Kompetisinya  mengundang semua startup untuk menunjukkan bisnis Inovatif. Kompetisi ini fokus kepada semua sektor startup yang berbasis teknologi. Buat kamu yang tertarik dengan kompetisi ini bisa daftar dan kirimkan pitch deck sekarang di bit.ly/BdgPitchingDay atau bisa melihat informasi lebih lanjut di instagram @thegreaterhub.

3. Startup4industry.id

Kompetisi startup ini dikenal dengan gerakan making Indonesia 4.0 dengan solusi teknologi dari tech startup Indonesia. Tujuannya diadakan kompetisi ini untuk membentuk ekosistem solusi teknologi untuk industri dan masyarakat. Buat kamu yang tertarik untuk mengikuti kmpetisi ini kamu bisa melihat di website Startup4industry . Ada link tercantum untuk apply dan ikut terlibat dalam kompetisi ini.

Menarik kan untuk mengikuti kompetisi startup? Dengan banyaknya keuntungan yang bisa kamu dapatkan dari kompetisi startup, kamu sebaiknya jangan lewatkan informasi tentang kompetisi yang sangat berguna.