Mengenal Perbedaan Investasi dan Trading Bagi Pemula

By Aulia Putri Andrika

Table of Contents

Istilah investasi dan trading kini marak diperbincangkan banyak orang. Namun, tidak sedikit orang yang belum memahami istilah ini. Nyatanya investasi dan trading adalah dua hal yang berbeda. Perbedaan ini juga tidak mudah dipahami bagi pemula dalam dunia pasar modal.

Dunia pasar modal? mungkin ada beberapa dari kalian sudah tidak asing mendengar ini. Jadi ada dua pendekatan umum untuk menghasilkan uang dari pasar. Yang pertama adalah berinvestasi (investing), dan kedua adalah perdagangan (trading).

Nah, bagi kamu pemula penting banget buat mengetahui dalam pasar modal investasi dan trading memiliki keuntungan yang berbeda. Tidak hanya itu, cara kerjanya juga memiliki perbedaan lainnya yang cenderung signifikan. Apa saja? Yuk simak penjelasan investasi dan trading serta perbedaan dan cara kerjanya berikut ini.

Investasi vs Trading

Sederhananya, perbedaan investasi dan trading adalah, jika investasi bertujuan menciptakan kekayaan dalam jangka panjang dengan membeli perusahaan bagus dan menahannya untuk jangka waktu lama, maka trading bertujuan menghasilkan keuntungan dengan sering membeli dan menjual saham.

Perbedaan investasi vs trading

Jika investasi bertujuan menciptakan kekayaan dalam jangka panjang dengan membeli perusahaan bagus dan menahannya untuk jangka waktu lama, maka trading bertujuan menghasilkan keuntungan dengan sering membeli dan menjual saham. Yuk simak perbedaan investasi dan trading dibawah ini!

1.Jangka Waktu

Perbedaan signifikan yang pertama antara investasi dan trading adalah jangka waktunya. Investasi memiliki jangka waktu yang panjang bahkan bisa sampai dekade. Jika kamu berinvestasi sekarang kamu bisa mewariskan saham ke anak cucu kelak dan mungkin di kemudian harinya akan bernilai jutaan bahkan ratusan. 

Di sisi lain trading memiliki jangka waktu yang singkat bisa menit, jam, hari bahkan beberapa minggu. Jika kamu melakukan trading terkadang periode trading bahkan kurang dari satu menit ketika trader membeli atau menjual saham dengan pergerakan eksplosif dan segera mendapatkan keuntungan. Tetapi jika kamu telat untuk membeli atau menjual kamu juga bisa mengalami kerugian dengan cepat. 

2. Sikap orang menanggapi investasi dan trading

Perbedaan selanjutnya, sikap orang menanggapi investasi dan trading berbeda-beda. Ada orang yang memilih investasi yang sehat dan bebas stres untuk menciptakan kekayaan dalam jangka panjang.Namun, ada pula orang yang memilih trader karena cenderung menghasilkan keuntungan besar dalam waktu singkat. Mereka juga menyukai permainan trading dan menganggapnya sebagai hiburan.

3. Monitoring Waktu

Perbedaan terakhir investasi tidak harus dipantau dan diperhatikan setiap saat, sedangkan trading secara aktif terlibat dalam pasar dan membutuhkan waktu dan kehadiran mereka untuk menghasilkan keuntungan.

Cara kerja investasi vs trading

Dalam bermain investasi maupun trading tidak asal-asalan apalagi hanya ikut-ikutan. Investasi dan trading memilik teknik dan cara kerja yang berbeda. Berikut poin-poin penting yang harus diketahui:

1. Cara Kerja Berdasarkan Waktu

Perbedaan cara kerja trading saham dengan investasi adalah dalam jangka waktu; dimana pada investasi fokusnya adalah waktu dengan tempo jangka panjang sedangkan trading adalah transaksi jangka pendek. Hal ini membentuk perbedaan pada strategi, prinsip serta tindakannya. Artinya, transaksi saham seorang investor tidak relatif singkat seperti seorang trader.

 

2. Lebih Condong ke Analisa Teknikal daripada Fundamental

Apabila pada investasi saham kamu bersikap lebih pasif sedangkan pada trading saham kamu akan lebih aktif. Hal tersebut karena sebagai trader saham, kamu harus memberikan waktu untuk menganalisa pasar dan memutuskan waktu dan harga terbaik untuk melakukan transaksi saham.

Analisis yang harus digunakan pun haruslah yang bisa mengimbangi jangka waktu yang dipilih. Artinya trader harus bisa menemukan solusi terbaik dalam jangka waktu lebih cepat daripada yang digunakan seorang investor yaitu analisis teknikal.

3. Menggunakan Prinsip Buy and Sell

Cara kerja trader saham adalah dengan membeli saham pada harga tertentu, dan akan menjualnya dalam jangka waktu yang terbilang pendek asalkan nilai saham sudah dalam range yang diinginkan oleh trader.

Jadi seorang trader tidak akan  terlalu lama menahan aset saham yang sudah dibelinya dan langsung menjualnya secepat mungkin ketika melihat kesempatan untuk bisa menjualnya dengan harga lebih tinggi dari harga beli sebelumnya.

Trader biasanya mengharapkan manfaat yang lebih tinggi dibanding melalui investasi biasa. Atau istilah lainnya trading saham menggunakan sistem buy and sell layaknya sebuah bisnis saham sebenarnya.

Perusahaan Startup yang Membantu Investasi dan trading

Berikut adalah startup yang bisa membantu kamu investasi dan trading yang sudah diawasi oleh OJK:

1. Bibit

Bibit

Bibit merupakan aplikasi reksadana yang membantu investor pemula mulai untuk berinvestasi. Kamu bisa langsung investasi dengan optimal sesuai dengan level risiko di Bibit.

2. Stockbit

Stockbit

Stockbit adalah aplikasi untuk kamu yang ingin berdiskusi, analisa dan investasi saham dalam satu tempat.

3. Pluang

Pluang

Startup Pluang menyediakan berbagai produk investasi seperti, emas, indeks saham global, cryptocurrency dan dolar AS. Semua produk investasi sudah diversifikasi portofolio mudah hanya dalam satu aplikasi.

4. Pintu

Pintu

Pintu merupakan aplikasi Crypto Untuk Semua Investasi crypto simpel dan aman. Aplikasi ini cocok buat kamu pemula karena bisa Mulai dari Rp 11.000.

5. Ajaib

Ajaib

Ajaib merupakan aplikasi broker online yang memungkinkan orang Indonesia untuk membeli dan menjual saham, ETF, dan reksa dana. Ajaib platform teknologi keuangan terkemuka di Indonesia yang didorong oleh misi untuk mendidik pentingnya berinvestasi untuk masa depan.

Jadi, setelah kamu memahami perbedaan investasi dan trading serta perbedaan dan cara kerjanya, kamu mau memilih yang mana untuk mencari keuntungan?