Bagi Pemula: Yuk Mengenal Apa Itu Blockchain dan Cara kerjanya!

By Aulia Putri Andrika

Table of Contents

Perkembangan teknologi yang begitu cepat membuat maraknya blockchain untuk digunakan. Blockchain itu sendiri adalah sebuah cara menyimpan data secara digital yang saling terkoneksi antara satu perangkat dengan perangkat lainnya.

Salah satu teknologi ini digunakan karena adanya transparan data yang bisa menghasilkan keuntungan. Blockchain ini tidak bisa lepas dari cryptocurrency, meskipun sebenarnya ada banyak bidang lain yang menggunakan teknologi ini.

Blockchain digunakan juga untuk menjaga catatan transaksi yang aman dan terdesentralisasi. Inovasi dengan blockchain adalah menjamin kesetiaan dan keamanan catatan data dan menghasilkan kepercayaan tanpa perlu pihak ketiga yang terpercaya.

Kamu penasaran dengan penjelasan lengkap mengenai blockchain? Simak penjelasannya di bawah ini!

Apa itu blockchain?

Mungkin dari kamu yang pemula, masih asing dengan teknologi blockchain ini. Blockchain ini sendiri merupakan database yang berisi data. Blockchain merupakan teknologi penyimpanan data digital yang media penyimpanannya akan saling terhubung sama lain. Data yang tersimpan pun bisa bermacam-macam, tergantung dengan kebutuhan.

Cara Kerja Blockchain

Sederhananya, blockchain bekerja ketika suatu blok melakukan penyimpanan data baru. Berikut langkah transaksi yang terjadi ketika blok ditambahkan dalam blockchain.

  • Terjadi transaksi dari pembeli
  • Transaksi diverifikasi
  • Transaksi disimpan dalam suatu blok
  • Blok yang telah disimpan mendapatkan kode unik identifikasi (hash)

Keunggulan Menggunakan Blockchain

Sebagai inovasi teknologi yang marak digunakan tentunya blockchain memiliki keunggulan. Berikut beberapa keunggulan jika kamu menggunakan blockchain:

1.Sistem lebih transparan

Salah satu keunggulan dari teknologi ini yang membuat blockchain memiliki banyak peminat adalah karena sistemnya yang lebih transparan. Sistem dari blockchain ini memang sudah terbukti memiliki sistem yang aman dan juga transparan.

2. Sistem proteksi yang lebih baik

Blockchain dinilai memiliki struktur sistem yang lebih aman.Hal ini membuat proteksi untuk data yang tersimpan menggunakan blockchain juga menjadi lebih aman.

Pada aplikasinya, teknologi blockchain ini menggunakan sistem verifikasi oleh penambang atau miners sebelum data atau transaksi tersebut masuk ke proses selanjutnya. 

Bahkan jika melihat lebih dalam, bagian struktur database dari blockchain ini hanya memiliki fitur untuk menambahkan data dan tidak ada fitur untuk melakukan edit. Dengan tidak adanya fitur edit maka hal tersebut membuat tidak ada orang yang bisa mengubah data. Sehingga, potensi masuknya hacker menjadi lebih kecil.

3.Penyimpanan yang lebih fleksibel

Blockchain ini dapat menyimpan data apa saja yang sesuai dengan apa yang ditujukan. Misal kalau di dunia pendidikan data tentang siswa, guru dan sebagainya dapat disimpan di dalam blockchain.

4. Memiliki audit yang baik

Dengan menggunakan blockchain dapat meminimalisir kejahatan seperti penggelapan dana, apabila di dunia pendidikan seperti kecurangan cuci rapor, cuci nilai dan sebagainya.

Penerapan Blockchain di Berbagai Sektor

  •  Sektor keuangan, blockchain dapat membantu penyimpanan dan verifikasi data dalam sistem pembayaran lintas batas
  • Perusahaan multinasional, blockchain dapat membantu sebagai distribusi data cloud dan platform informasi untuk pembayaran global

 

Nah itu dia penjelasan apa itu blockchain dan cara kerja serta contoh penerapan blockchain yang bisa kamu terapkan jika kamu merintis perusahan.